Artikel Terbaru :

Sekilas Tentang Kabupaten Seruyan

Minggu, Mei 27, 2012 | komentar

KABUPATEN SERUYAN adalah Kabupaten baru hasil pemekaran dari provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kuala Pembuang. Wilayah Kabupaten Seruyan di sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Kalimantan barat, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Kotawaringin Timur ( Sampit ), sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kotawaringin Barat ( Pangkalan Bun ), sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan laut Jawa. Luas wilayah Kabupaten Seruyan 16.404 Km2 yang terbagi menjadi lima kecamatan. Yaitu :
  1. Kecamatan Seruyan Hilir ( Kuala Pembuang )
  2. Kecamatan Danau Sembuluh ( Danau Sembuluh )
  3. Kecamatan Hanau ( Pembuang Hulu )
  4. Kecamatan Seruyan Tengah ( Rantau Pulut )
  5. Kecamatan Seruyan Hulu ( Tumbang Manjul )

Pada tahun 1996 penduduk di Kecamatan Seruyan Hulu, Kecamatan Seruyan Tengah, Kecamatan Hanau, Kecamatan Danau Sembuluh, dan Kecamatan Seruyan Hilir berjumlah 76.084 jiwa dan pada tahun 1999 berjumlah 112.519 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk rata-rata 4,6 % per tahun.
Kelapa sawit merupakan aset perkebunan utama Seruyan selama ini. Dengan luas lahan lebih kurang 78.871 hektar, potensi itu hendak dikembangkan dengan membuka lahan-lahan baru. Sentra tanaman kelapa sawit berada di tiga dari lima kecamatan, yaitu Danau Sembuluh, Hanau, dan Seruyan Tengah. Selain kelapa sawit, Seruyan juga potensial untuk tanaman karet yang mudah tumbuh di berbagai jenis tanah. Sampai kini, sektor kehutanan masih cukup berjaya dalam mengaktifkan sendi-sendi ekonomi di Kabupaten Seruyan.

Sungai Bakau

Kontribusinya yang selalu di atas 20 persen menjadikannya unggulan pada kegiatan ekonomi penduduk. Hutan-hutan Seruyan selain menghasilkan kayu, juga hasil ikutannya, seperti rotan yang banyak tumbuh di Kecamatan Seruyan Hulu. Pengembangan ekonomi di kabupaten ini didasarkan pada karakteristik masing-masing kecamatan. Jika Seruyan Tengah, Hanau, dan Danau Sembuluh memiliki perkebunan kelapa sawit, Seruyan Hulu memiliki rotan, Seruyan Hilir memiliki wilayah potensial bagi pengembangan budidaya tambak udang dan areal persawahan. Dibandingkan dengan kecamatan lain, Seruyan Hilir terhitung memiliki jenis tanah yang lebih baik untuk ditanami padi atau tanaman pangan lainnya. Hasil tambak yang di antaranya budidaya udang windu biasanya dibawa ke Pulau Jawa kemudian diekspor ke mancanegara, khususnya Jepang.

LETAK GEOGRAFIS

Keadaan geografi Kabupaten Seruyan terletak di daerah khatulistiwa yaitu antara 111'15o 00 bujur timur dan 045o00 lintang utara, 330o lintang selatan.

LUAS WILAYAH

Kabupaten Seruyan mempunyai luas wilayah +/- 16.404 Km2 (11,6% dari luas wilayah Kalimantan Tengah), dengan rincian :
Hutan belantara : Luas 11.354,02 (69,52% terhadap luas Kabupaten Seruyan)
Rawa-rawa : Luas 733,49 (4,77% terhadap luas Kabupaten Seruyan)
Sunagi, Danau, dan Genangan air lainnya : Luas 60581 (3,99 % terhadap luas Kabupaten Seruyan)
Pertanahan lainnya : Luas 3.512,68 (27,72% terhadap luas Kabupaten Seruyan)

TOPOGRAFI

Bagian timur merupakan daerah rawa-rawa yang terdiri dari rawa pasang surut dan rawa lebak serta ditumbuhi vegetasi berupa bakau dan kayu rawa.
Bagian barat merupakan daerah rawa-rawa yang terdiri dari rawa pasang surut dan rawa lebak yang mempunyai vegetasi hutan mangrove dan kayu rawa.

Danau Sembuluh

Bagian utara merupakan daerah berbukit0bukit dengan ketinggian di atas 150 m dari permukaan laut dan kemiringan 15 - 40 o yang ditumbuhi hutan lebat, yang berfungsi sebagai penyangga (buffer) bagi daerah hilir (daerah bagian selatan)
bagian selatan merupakan daerah dataran rendah terdiri atas lahan rawa dan pantai dengan ketinggian dan kemiringan 0-50 0 dari permukaan laut dan 0 -8, daerah ini kaya akan perikanan laut dan darat.


KLIMATOLOGI

Wilayah kabupaten Seruyan termasuk daerah yang beriklim tropis dengan suhu udara rata-rata 29o C dan temperatur tertinggi 34 o C.
Tipe iklim adalah tropis lembab dan panas, curah hujan rata-rata per tahun 3.479,8 mm dengan rata-rata hujan per tahun 13,8 hari. Musim penghujan akan terjadi antara bulan Desember - Maret, sedangkan Kemarau antara Juli - September. Sumber : Seruyan Dalam Angka 2007

HIDROLOGI

Wilayah Kabupaten Seruyan dibelah oleh Sungai Seruyan yang mengalir dari utara ke selatan dan bermuara ke Laut Jawa dengan panjang 350 Km dan yang dapat dilayari 300 Km, kedalaman rata-rata 6 m dan lebar rata-rata adalah 300 m dengan anak sungai yaitu :
  1. Anak Sungai Danau Sembuluh
  2. Anak Sungai Manjul
  3. Anak Sungai Salau
  4. Anak Sungai Pukun
  5. Anak Sungai S. Kale
  6. Anak Sungai Kalua
  7. Anak Sungai Lanan
  8. Anak Sungai Bai
  9. Anak Sungai Bahan
  10. Anak Sungai Kulai
  11. Anak Sungai Seruyan
Potensi-Potensi di Sektor Pariwisata di Kabupaten Seruyan meliputi :

Wisata Alam
  • Air Terjun di Kecamatan Seruyan Tengah dan Seruyan Hulu yang memiliki kurang lebih 160 riam.
  • Wisata Danau Sembuluh/ Bangkal yang terletak di Kecamatan Danau Sembuluh.
  • Danau Seluluk di Kecamatan Hanau Pembuang Hulu

Danau Seluluk

Potensi Wisata Alam
  • Pesona Wisata Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Kecamatan Seruyan Hilir yang dikenal dengan keindahan alam, flora dan faunanya.
  • Kawasan wisata Pantai Gosong Buaya dan Wisata Sungai Bakau di Kuala Pembuang Kecamatan Seruyan Hilir.
  • Taman Nasional Bukit Raya dengan keindahan dan keaslian hutan tropisnya di Kecamatan Seruyan Hulu.
  • Arung Jeram di Kecamatan Seruyan Tengah dan Kecamatan Seruyan Hulu.
Share this article :
Artikel tentang Sekilas Tentang Kabupaten Seruyan. diposting oleh Bang Arul pada hari Minggu, Mei 27, 2012.Tak lengkap rasanya jika kunjungan anda di pehu.web.id. ini tanpa meninggalkan sedikit jejak. Semoga artikel Sekilas Tentang Kabupaten Seruyan ini bermanfaat. Terimakasih...

Get free daily email updates!

Follow us!

TULIS KOMENTAR DI BAWAH INI

Terima kasih atas kunjungannya. Bahagia rasanya jika Anda berkenan meninggalkan sedikit jejak disini. But No Spam, No Porn....OK Bro!!!

 
Template dimodifikasi oleh pehu.web.id
Copyright © 2013. | Powered by Blogger